Minggu, 24 November 2013

makalah pendalaman pai di sekolah

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latarbelakang
Didalam Islam terdapat sebuah keajaiban yang diberikan kepada hamba Allah yang takwa, seperti mu’jizat, karomah,maunah dan irhash.
Dan yang dimaksud dengan kemu'jizatan, karomah,maunah dan irhash. Bukan berarti melemahkan manusia, artinya memberi pengertian kepada mereka dengan kelemahannya untuk mendatangkan kyakinan, karena hal itu telah dimaklumi oleh setiap orang yang berakal, tetapi maksudnya adalah untuk menjelaskan bahwa karomah,maunah dan irhash untuk membuat mereka yakin akan keberadaan Allah.Tujuannya hanya untuk melahirkan kebenaran mereka, menetapkan bahwa yang mereka bawa adalah semata-mata pemberian dari Dzat Yang Maha Bijaksana, dan diturunkan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Mereka hanyalah menyampaikan risalah Allah dan tiada lain tugasnya hanya memberitahukan dan menyampaikan. Oleh karena itu mu'jizatkaromah,maunah dan irhash, adalah dalil-dalil dari Allah SWT, kepada hamba-Nya untuk membenarkan rasul-rasul dan nabi-nabi.Dengan perantaraan mu'izat, karomah,maunah dan irhash. ini, seolah-olah Allah bersabda: "Benar hamba-Ku dalam hal yang ia sampaikan dari Aku, dan Aku mengutusnya agar ia menyampaikan sesuatu kepadamu". 






BAB II
PEMBAHASAN
Materi aqidah akhlak kelas VIII semester II
Mu’jizat


STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya   (karamah, ma’unah, dan irhash)
Menunjukkan hikmah adanya    mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah






A.PENGERTIAN MUKJIZAT
1. Pengertian mukjizat secara bahasa dan istilah
Secara Bahasa Kata Mu’jizat adalah isimfa’ilyg diambil dari fi’ilmadhi arti melemahkan yg kata itu berasal dari kata yg berarti lemah lawan dari kata yg berarti mampu.Jadi ungkapan mu’jizat Nabi berarti sesuatu yg melemahkan lawan saat berhadapan.
Secara istilah Mu’jizat adalah suatu perkara yg luar biasa dan tidak bisa ditandingi yg disertai degan tantangan dgn maksud membuktikan kebenaran seseorang yg mengaku bahwa diri adalah rasul.
Lazimnya,nabi dan rasul menampakkan mukzijatnya hanya pada saat-saat tertentu dan jika sangat dibutuhkan, misalnya untuk membela diri atau memjawab tantangan-tantangan orang kafir. DidalamAl-quran yang berartibuktiatauketerangan yang jelas.
(Qs asy-Syu’ara:4)
              
”Kepunyaan-Nya-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. dan Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha besar.
   (An-nisa-174)
 ••             
“Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran).
Setiap muslim wajib mempercayai adanya mukjzat yang dimiliki nabi dan rasul. Mengingkari adanya mukjizat para rasul hukumnya kafir.mengingkari mukjizat nabi dan rasul berati mengingkari ayat-ayat yang ada dalam Al-Qur’an, juga berarti mengingkari Al-Qur’an itu sendiri. 
B. MACAM-MACAM MUKJIZAT YANG DIMILIKI RASUL
Menurut beberapa ayat Al-Qur’an mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada para nabi dan rasul sebelum nabi Muhammad saw.bermacam-macam wujudnya, mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada nabi dan rasul disesuaikan dengan keadaan masyarakat yang di dakwahi.Apabila umat yang di dakwahi masih tertarik dengan ilmu sihir, rasul yang diutus kepada mereka dieberi mukjizat yang dapat mengalahkan sihir mereka.Dengan demikian, mereka tidak dapat menandingi rasul.Apabila dilihat dari sifatnya, mukjizat dapat dibagi menjai dua macam, yaitu mukjizat hisiyah dan mukjizat maknawiyah.
1. Mukjizat hisiyah atau kauniyah
Mukjizat hisiyah adalah mukjizat yang dapat dilihat, didengar, dirasakan, dan di pegang.mukjizat hisiyah ditujukan kepada orang biasa, yang kurang mampu menggunakan akal pikirannya secara baik.Contoh mukjizat yang diberikan kepada nabi adam as pada waktu itu kedua putra beliau yaitu qabil dan Habil melaksanakan kurban. Kurban habil diterima Allah SWT.sedangkan kurban qabil yang berupa buah-buahan yang telah membusuk tidak diterima allah SWT. Dengan diterimanya kurban habil, qabil makin bertambah emosinya sehingga habil dibunuh.
2. Mukjizat Maknawiyah atau aqliyah
Mukjizat maknawiyah adalah mukjizat yang tidak dapat dilihat, didengar, dirasakan, dicium dan dipegang, mukjizat maknawiyah hanya dapat dimengerti dan dikenal oleh orang yang berpikiran sehat, berbudi luhur dan berperasaan halus.
Contoh mukjizat maknawiayah ialah mukjizat yang dimiliki nabi Muhammad saw. Yang berupa al-qur’an.Tidak semua orang mau menerima petunjuk al-Qur’an.Hanya orang-orang yang berpikir sehat, berbudi luhur, dan berperasaan halus yang dapat menerima petunjunk Al-Qur’an dengan senang hati.
C. MUKJIZAT  NABI  MUHAMMAD  NABI IBRAHIM AS, NABI  ISA  DAN  NABI  MUSA AS.
Contoh Mujizat nabi besar Muhammad Saw Misteri Terbelahnya bulan dan bersatu kembali adalah mukjizat. Dan Al-Qur'an Suci adalah mukjizat abadi Nabi terakhir Saw dan Mukjizat para nabi sebelumnya seperti Nabi Ibrahim as, Nabi Musa as dan Nabi Isa as,
masing-masing Nabi ini mendapat Kitab suci dan juga memiliki mukjizat,tidak identik dengan Kitab-kitab suci merekaMereka melakukan perbuatan mukjizat seperti mengubah api yang berkobar menjadi "dingin dan damai", mengubah tongkat kayu menjadi ular besar, dan menghidupkan orang mati. 
D. FUNGSI DAN UNSUR-UNSUR MUKJIZAT
Sesuai unsur-unsur yang ada dalam mukjizat seperti berikut.
1. Ada sesuatu yang terjadi diluar kebiasaan.
2. Tampak pada diri seorang Nabi dan Rasul.
3. Ada tantangan dari kaumnya yang menyaksikan kenabian.
4. Tantangan tersebut tidak mampu menandingi sesuatu yang luar biasa.
Maka mukjizat mempunyai fungsi sebagai berikut.
1. Untuk mengalahkan dan melemahkan orang-orang yang menentang dakwah dan seruan pada nabi dan rasul.
2. Sebagai bukti kebenaran bahwa risalah dan agama yang diajarkan benar-benar datang dari allah.

E. KARAMAH,  MAUNAH  DAN  IRHASH
Selain mukjizat, ada pula kejadian-kejadian luarbiasa. Kejadian luar biasa tersebut diberikan Allah SWT, kepada orang-orang yang deikehendaki kejadian luarbiasa selain untuk mukjizata dalah karamah, maunah, irhash.

1. KARAMAH
Karamah secara bahasa adalah kemuliaan, namun secara istilah dalam agama maka banyak makna yg berbeda, yaitu pada muamalah (pergaulan) karamah adalah orang yg mulia dan dermawan, pada bab Tasawwuf karamah adalah kelebihan yg Allah berikan pada orang ygshalih berupa keajaiban.
Karomah ialah suatu perkara (mencakup ucapan dan perbuatan) yang telah melanggar (keluar) dari adat kebiasaan manusia, yang selamat dari berbagai sanggahan (hal-hal yang membatalkannya) yang Allah berikan kepada hambanya yang shalih. 
(yunus 10 :62-64)
                                        
62. Ingatlah, Sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
63. (yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.
64. Bagi mereka berita gembira di dalam kehidupan di dunia dan (dalam kehidupan} di akhirat. tidak ada perobahan bagi kalimat-kalimat (janji-janji) Allah. yang demikian itu adalah kemenangan yang besar.
2. MAUNAH
Dalam kamus Lisanul 'Arab, kata ma'unah dari 'awana,mashdar-nya adalah al'aun dan mu'awanah dan juga ma'unah kata kata tersebut suka dikiaskan dengan arti pertolongan, bantuan. 
Dalam pandangan Islam, ma'unah pertolongan dari Allah dapat kita minta dengan cara yang telah ditentukan Allah dalam Alquran dan juga petunjuk Nabi-Nya, sebagaimana Allah menyatakan dalam Al-Quran, "Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan." (Al-Fatihah: 5).
       
5. Hanya Engkaulah yang Kami sembah[6], dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan[7]

Kemudian pada ayat lain "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu." (Al-Baqarah: 45). 

3. IRHASH
Irhash adalah sesuatu yang luar biasa yang diberikan Allah kepada seseorang yang dipersiapkan untuk membawa risalah.contoh irhash ialah peristiwa yang terjadi pada nabi isa as ketika beliau masih bayi dalam buaian ibunya Maryam. Peristiwa ajaib itu adalah beliau dapat berbicara kepada orang-orang yang melecehkan ibunya.
Pembicaraan Nabi as ketika masih Bayi itu disebutkan dalam firman allah SWT sebagai berikut.
(Maryam 19:29:33)
                                •                            
29. Maka Maryam menunjuk kepada anaknya. mereka berkata: "Bagaimana Kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?"
30. Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi,
31. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
32. Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.
33. Dan Kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaKu, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali".
Kemudian Allah SWT menegaskandalamfirmannyasebagaiberikut.
(Maryam 19:34)
F. PERBEDAAN DAN PERSAMAAN MUKJIZAT KARAMAH, MAUNAH, DAN IRHASH
1. Persamaan
a. Sama-sama dating ataskehendakallahswt
b. Sama-samakejadianluarbiasa yang sulitditerimaakal
c. Kejadiannya datang secara tiba-tiba, tidak direncanakan, tidak bisa dipelajari, dan dikalahkan.
2. Perbedaan
a. Mukjizat diberikan allah kepada nabi dan rasul, sedangkan karamah, maunah dan irhash diberikan bukan pada nabi dan rasul, akan tetapi diberikan kepada hambanya yang dikehendaki allah.
b. Mukjizat diberikan sebagai bukti kerasulan, sedangkan karamah, maunah dan irhash diberikan allah untuk menolong seseorang hamba dalam menghadapi suatu persoalan atau kesulitan.
c. Karamah dianugrahkan kepada wali
d. Maunah diberikan kepada siapapun dan bersifat umum untuk semua manusia.
e. Irhash dianugrahkan kepada calon nabi atau rasul Allah SWT.
3. Perbedaan antara Mukjizat, Karamah, Maunah, dan Irhash dengan Sihir.
a. Mukjizat, Karamah, maunah dan irhash berasal dari allah sedangkan sihir berasal dari setan.
b. Mukjizat, Karamah, Maunah dan Irhash tidak dapat dipelajari dan dikalahkan sedangkan sihir dapat dipelajari dan dikalahkan.
c. Mukjizat, Karamah, Maunah dan Irhash untuk menolong, sedangkan sihir untuk maksud jahat.



G. HIKMAH  MUKJIZAT dan  KEJADIAN  LUAR  BIASA (karamah, maunah, irsah)
1. Hikmah adanya mukjizat adalah sebagai berikut.
a. Melemahkan dan mengalahkan alasan,usaha,dan tipu daya orang-orang yang menentang dakwah rasul allah. 
b. Bagi yang telah percaya kepada kenabian maka mukjizat akan berfungsi untuk memperkuat iman serta menambah keyakinan akan kekuasaan Allah SWT. 
c. Membuktikan kebenaran rasul yang diutus Allah dan ajaran – ajarannya. Hikmah Karamah, Ma’unah, dan Irhash.
2. Hikmah adanya karamah, ma’unah, dan irhas adalah sebagai berikut.
 a. Mempertebal iman kepada Allah SWT. 
b. Mendekatkan diri kepada Allah. 
c.Tidak takut akan kesulitan, karena yakin Allah selalu memberikan pertolongan kepada hambanya yang beriman dan bertakwa.

















BAB III
KESIMPULAN
Secara Bahasa Kata Mu’jizat adalah isimfa’il yang diambil dari fi’ilmadhi arti melemahkan yang kata itu berasal dari kata yang berarti lemah lawan dari kata yang berarti mampu. 
Jadi ungkapan mu’jizat Nabi berarti sesuatu yg melemahkan lawan saat berhadapan.
Secara IstilahMu’jizat adalah suatu perkara yang luar biasa dan tidak bisa ditandingi yang disertai degan tantangan dengan maksud membuktikan kebenaran seseorang yang mengaku bahwa diri adalah rasul. 



DAFTAR PUSAKA
Akhmad Sodiq, M. Ag, Berakidah Benar, Berakhlak Mulia, kelas dua, Insan Mandiri, Sleman, 2006.
Sunardi, S.Ag,Akidah Akhlak MTs kelas VIII, Cv. Grafika Dua Tujuh ,karang anom, 2008.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar